Optimalisasi Program Polisi Desa Guna Mengimplementasikan Perpolisian Masyarakat Dalam Rangka Mewujudkan Kamtibmas Yang Kondusif Di Kabupaten Purwakarta

MOHAMMAD HIDAYAT B, SH, SIK, MH


Wilayah kabupaten Purwakarta memiliki karakteristik masyarakat paguyuban yang bersifat agraris, tingkat sensifitas sara yang cukup tinggi, di samping masalah politik dan gangguan kamtibmas. Kenyataan tersebut menuntut Polri untuk melakukan langkah-langkah strategis untuk menjawab tantangan, mengantisipasi serta menyikapi permasalahan. Pola penyelenggaraan tugas Polri yang bersifat “pre-emptif” dengan dirasakan masih kurang dapat menyentuh masyarakat dan cenderung mencerminkan hubungan struktural “kekuasaan,” sehingga dipandang perlu untuk disesuaikan. Kebijakan Perpolisian Masyarakat (community policing) melalui Program Polisi Desa merupakan terobosan baru dalam Optimalisasi Polmas yang dilaksanakan di wilayah hukum Polres Purwakarta. Dengan harapan dapat menjadikan Polisi Desa sebagai agen penjaga kultur masyarakat, agen pembangun keamanan masyarakat dalam bidang kamtibmas, Program Polisi Desa Dalam Rangka Mengimplementasikan Perpolisian Masyarakat yang  Belum Optimal.

Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah pengamatan terlibat, deskriptif analitis for problem solving dan kajian pustaka yaitu suatu proses penulisan yang mendiskripsikan suatu kondisi  melalui perhatian terhadap indikator suatu permasalahan, mencatat fakta, fenomena dan hal-hal yang penting pada setiap apa yang didiskripsikan, untuk dianalisa dan diinterprestasikan guna mengidentifikasi permasalahan dan menemukan solusinya. Pendekatan yang digunakan dalam penulisan ini adalah pendekatan kualitatif  dengan berdasarkan kajian manajemen strategis dan perilaku organisasi.

Keberadaan Polres Purwakarta saat ini dalam upaya optimalisasi program Polisi Desa telah berjalan cukup baik meskipun masih banyak kekurangan khususnya dari segi sarana dan prasarana, sumber daya manusia, anggaran serta sistem dan metode yang digunakan untuk mengoptimalisasi program Polisi Desa. Kapolda Jawa Barat agar memberikan atensi atas  Kerjasama yang telah di bangun antara Pemerintah Kabupaten Purwakarta dan Polres Purwakarta selama ini telah berjalan dengan baik, dimana Program Polisi desa ini tidak bersifat temporary. Menyiapkan sumber daya manusia yang sesuai baik kualitas maupun kuantitas dan untuk dikedepannya diperlukan payung hukum yang jelas dimana MoU yang sudah ada ditindak lanjuti dengan penyusunan Peraturan Daerah tentang Kerjasama pengelolaan program polisi desa yang sekaligus dilengkapi dengan dukungan alokasi anggaran.