101 Perwira Polda Sulsel Dimutasi

Yudi AB Kapolres Tator


Makasar - Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel dan Barat melakukan mutasi besar-besaran awal Februari ini. Sebanyak 101 Perwira pertama (Pama) dan perwira menengah (Pamen) yang dimutasi.

Dari 101 Perwira tersebut, 56 di antaranya perwira pertama berpangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda), dan empat orang berpangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP). Sedangkan perwira menengah berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) delapan dan tiga berpangkat Komisaris Polisi (Kompol). Berdasarkan Surat Telegram Rahasia (STR) Kapolda Sulsel Nomor Pol : KEP/39/II/2010 tertanggal 3 Februari, para perwira yang di mutasi itu diminta bertugas selambat-lambatnya 14 hari setelah keluarnya STR.Dalam STR itu juga mencantumkan, bagi siapa saja yang mengalami hambatan segera melaporkan secara tertulis ke Kapolda melalui Kapolresnya masing-masing.

STR Kapolda Sulsel ini ditandatangani Karopers, Kombes Pol Sutoyo. Di jajaran Pamen, Kasat Reskrim Polwiltabes Makassar, AKBP Yudi AB Sinlaeloe mendapat jabatan baru sebagai pejabat pengganti sementara Kapolres Tator, menggantikan AKBP Victor Datuan Batara yang ikut bertarung di Pilkada Tana Toraja. Sementara posisi yang ditinggalkan Yudi, dijabat AKBP Fajaruddin sebagai Kasat Reskrim Polwiltabes Makassar.

Fajaruddin merupakan lulusan Sespim angkatan 2009. Perwira lainnya adalah AKBP Efrain Lakburlawal sebagai Gadik SPN Batua, AKBP Nasrun Fahmi menjabat Kasat Dalmas Samapta Polda Sulsel. Lalu AKBP M. Hidayat B mendapat jabatan baru sebagai Kasat Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Sulsel.

Selanjutnya AKBP Yohan Priyoto sebagai Kasat PAM Obvit Polwiltabes Makassar. Satu perwira menengah lainnya berpangkat AKBP, yakni AKBP Abu Bakar HL tak mendapat jabatan karena memasuki masa purnabakti. Untuk perwira berpangkat Komisaris Polisi (Kompol), masing-masing yang mendapat jabatan adalah Kompol Lamazi AS menduduki jabatan baru sebagai Kasubdit Min Regident Ditlantas Polda Sulsel, Kompol Donyar Kusumadji sebagai Kaden C Sat Brimob, dan Kompol M Djufi AR sebagai Kasubbag Binamitra Bagian Ops Polwil Parepare.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Herry Subiansauri, membenarkan mutasi besar-besaran " Wajar saya kira mutasi ini untuk penyegaran dalam sebuah organisasi, dan meningkatkan pelayanan kepada masyaratkat. Intinya mutasi ini tour of duty dan tour of area," katanya, malam tadi. (ram)


Courtesy : FAJAR , Jum'at 5 Februari 2010